UNDANG-UNDANG AD/ART MBC

UNDANG – UNDANG MBC (Magelang Beat Club)

 

BAB I
KETENTUAN UMUM

PASAL 1

(1)   MBC adalah Magelang Beat Club yaitu sebuah Organisasi Motor dalam bentuk Club .

(2)   MBC adalah Club Motor yang beranggotakan pengguna Motor Honda Type Beat yang resmi berada di kota Magelang, Jawa Tengah.

BAB II
KETENTUAN DASAR

PASAL 2

(1)   MBC diawaki oleh para Member / Anggota yang telah dilantik yang pada sebelumnya

(2)   adalah calon anggota (CA-ANG) yang telah dianggap layak dan diangkat sebagai Member/Anggota.

(3)   Member / Anggota MBC Wajib mentaati Peraturan Lalu- Lintas sesuai Undang-undang Lalu-Lintas negara Republik Indonesia yang telah ditetapkan sebagai Peraturan Dasar AD/ART MBC.

(4)

BAB III
BENTUK DAN KEDAULATAN

PASAL 3

(1)   Tanggal 08 Agustus 2010 adalah KOPDAR PERDANA MBC (Magelang Beat Club)

sebagaimana telah ditetapkan sebagai hari Jadi Club tersebut.

(2)   MBC (Magelang Beat Club) adalah satu-satunya Club Motor Honda Beat yg ada di kota Magelang dengan Daulat Lisensi yang telah resmi TerDEKLARASI pada tanggal 14 Mei 2011 yang dihadiri oleh CLUB-CLUB honda Beat yg ada pada beberapa Kota di 6 Provinsi (JA-TENG, JA-TIM, JA-BAR, BANTEN, DI-JAKARTA dan DI-YOGYAKARTA) Serta Club motor Honda Beda type se-kota Magelang, yaitu sebagai saksi bahwa tidak ada club Honda beat di kota Magelang selain MBC.

BAB IV
PROSEDUR KEPEMIMPINAN

PASAL 4

(1)   Ketua Umum adalah Pejabat tertinggi MBC yang dipilih melalui Musyawarah Mufakat atau Voting Anggota MBC

(2)   Ketua Umum menerima Kritik dan Saran serta mempertimbangkan keputusan suatu masalah bertujuan membesarkan nama MBC.

(3)   Ketua Umum tidak dapat memutuskan sesuatu putusan secara sepihak tanpa adanya persetujuan sekurang- kurangnya 75% dari jumlah anggota MBC.

(4)   Ketua Umum dijabat selama 2 (dua) Tahun dan pada seterusnya dapat dipilih kembali berdasarkan Musyawarah Mufakat atau Voting anggota MBC.

 

PASAL 5

(1)   Pembina / Penasihat MBC adalah seorang Pemegang Kedaulatan serta Lisensi CLUB

serta pemberi Kritik dan Saran secara Global demi kemajuan MBC.

(2)   Pembina / Penasihat berhak mengambil alih sementara Kepemimpinan, pada sekiranya dalam keadaan darurat pada Kepemimpinan yang ada.

(3)   Kebijaksanaan Pembina / Penasihat MBC dalam mengambil alih sementara Kepemimpinan, tidak VETO (penuh), melainkan tetap pada keputusan suara terbanyak sekurang-kurangnya 75% dari jumlah anggota MBC.

BAB V
PENGUNDURAN DAN PEMBERHENTIAN

PASAL 6

(1)   Pengunduran anggota / member MBC dilaksanakan secara terhormat dengan mengutarakan alasan yang Riil dan Kongkrit serta masuk akal.

(2)   Anggota MBC yang mengundurkan diri secara suka rela melepas semua segala Atribut (Stiker, Emblem, Pin, Seragam) serta kartu anggota MBC kepada Ketua Umum MBC disaksikan anggota pada Acara Forum MBC.

(3)   Anggota yang mengundurkan diri segala sesuatu yang dilakukannya sudah tidak menjadi tanggung jawab CLUB serta tidak mendapat hak keanggotaan lagi.

(4)   Anggota yang mengundurkan diri tetap menjaga nama baik MBC pada kehidupan CLUB, BROTHERHOOD dan MASYARAKAT UMUM.

 

PASAL 7

(1)   Pemberhentian Anggota MBC dilaksanakan secara Forum atau Surat resmi dari Organisasi MBC.

(2)   Pemberhentian Anggota dilaksanakan karena anggota yang bersangkutan sudah tidak sanggup melaksanakan aturan AD/ ART MBC, mencemarkan serta merugikan nama besar MBC.

(3)   Pengajuan Banding dapat dilakukan oleh anggota MBC yang diberhentikan dengan mengutarakan alasan yang Riil dan kongkrit berupa Surat Banding atau secara lisan pada sebuah Rapat Forum MBC.

(4)   Surat Keputusan Pemberhentian Anggota MBC ditandatangani oleh Ketua Umum MBC dan Pembina MBC atau hanya Pembina MBC bila Ketua Umum sedang berhalangan (VAKUM) serta disaksikan anggota MBC.

(5)   Anggota yang diberhentikan tetap menjaga nama baik MBC pada kehidupan CLUB, BROTHERHOOD dan MASYARAKAT UMUM.

BAB VI
STRUKTUR DAN KEPENGURUSAN

PASAL 8

(1)   Kepengurusan MBC dipilih melalui Musyawarah Mufakat atau Voting anggota MBC dan di Lantik dengan masa Jabatan Terhitung Mulai Tanggal Penetapan Yang kepadanya diberikan Surat Keputusan MBC untuk diketahui dan di indahkan.

(2)   Kepengurusan MBC dijabat selama 2 (dua) Tahun dan selanjutnya dapat dipilih kembali.

(3)   Hasil Voting diputuskan apabila mencapai 75% suara dari jumlah anggota MBC.

PASAL 9

(1)   Calon Anggota (CA-ANG) adalah seseorang yang direkrut atau secara sukarela mengajukan diri untuk menjadi Anggota/ Member MBC.

(2)   Anggota/ Member MBC adalah Calon Anggota (CA-ANG) yang telah dilantik secara Resmi oleh Ketua Umum MBC dan disaksikan oleh Anggota/ Member MBC yang sebelumnya telah menjalani OSPEK.

(3)   MEMBER-ON adalah anggota aktif dalam organisasi MBC yang mematuhi Ketentuan, Peraturan dan Adminitrasi MBC.

(4)   MEMBER-OFF adalah anggota tidak aktif tetapi masih mematuhi Ketentuan, Peraturan dan Adminitrasi MBC.

(5)   FREE-LENCE adalah anggota tidak aktif yang sudah tidak wajib mematuhi Ketentuan, Peraturan dan Adminitrasi MBC.

PASAL 10

(1)   Ketua Harian (KET-HAR) adalah Member-On yang mempunyai Wewenang memimpin anggota MBC dalam Kegiatan Harian.

(2)   Ketua Harian (KET-HAR) tidak Berwenang mengambil keputusan yang bersifat Darurat dan Urgent tanpa sepengetahuan Ketua Umum MBC.

(3)   Ketua Harian (KET-HAR) membawahi anggota MBC dibawah Ketua Umum.

PASAL 11

(1)   BENDAHARA adalah Member- on yang mempunyai tanggung jawab dan wewenang serta sebagai Pemegang Kas atau segala Iuran Adminitrasi MBC.

(2)   BENDAHARA bertanggung Jawab mengenai Keuangan dengan menyertakan Pembukuan Adminitrasi berupa Tulisan Nominal serta Wujud nyata Nominal tersebut.

PASAL 12

(1)   SEKRETARIS adalah Member- on yang bertugas dan berwenang Pendokumentasian Memorandum berupa Tulisan atau Media dari semua kegiatan MBC.

(2)   SEKRETARIS bertanggung jawab dan merawat Arsip maupun barang inventaris MBC (Piagam, Banner, Stick Lamp, Plakat Penghargaan).

PASAL 13

(1)   HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) adalah Member-On yang bertugas sebagai Pengirim dan Penerima segala Berita mengenai CLUB dan KOMUNITAS Brotherhood baik dari luar maupun dalam MBC.

(2)   HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) menyampaikan Berita Masuk berupa Pesan singkat elektronik (SMS,MMS,BBM,EMAIL) atau berupa Surat maupun Lisan kepada Seluruh Member MBC.

(3)   HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) Menyampaikan Berita Keluar dari MBC berupa Surat maupun Lisan sesuai alamat kepada alamat yang akan dituju.

PASAL 14

(1)   Divisi Penata Ketertiban (TA-TIB) Adalah Member-On yang bertugas dan berwenang mengawasi dan menjaga Ketertiban segala kegiatan MBC yang sedang berlangsung.

(2)   Divisi Penata Ketertiban (TA-TIB) Adalah sebuah Team yang Di Ketuai oleh Member-on yang berwenang Mengatur Team dalam menjalankan tugasnya.

(3)   Divisi Penata Ketertiban (TA-TIB) adalah Fungsi Keamanan dalam suatu acara baik berupa Forum, Rolling dan Touring MBC.
(4) Divisi Penata Ketertiban (TA-TIB) adalah sebagai Pelopor hukum Lalu-lintas Negara Republik Indonesia yaitu yang ditetapkan sebagai Peraturan Dasar MBC serta sebagai Penentu Route perjalanan Rolling dan Touring MBC.

BAB VII
KEORGANISASIAN

PASAL 15

(1)   MBC Mengutamakan kegiatan Sosial Khusus kepada Member MBC Serta kepada Club / Komunitas Motor lain maupun kepada Masyarakat pada umumnya.

(2)   MBC berinteraksi saling menguntungkan kepada Club atau Kumunitas Motor Lain.

(3)   MBC tidak berinteraksi dalam bentuk apapun kepada Club atau Komunitas Motor Honda Beat lain yang berada di Kota Magelang.

(4)   MBC tidak berinteraksi dalam bentuk apapun kepada Club atau Komunitas Motor yang berasaskan Gengster, Kekerasan, Kriminal, serta yang tidak mematuhi Hukum Lalu-Lintas Negara Republik Indonesia.

(5)   MBC mematuhi ketentuan atau Ketetapan Asosiasi Beat Se-Indonesia dan Wilayah Regional, selama tidak merugikan Nama Besar dan Kedaulatan MBC.

(6)   MBC menghadiri Undangan Event Club atau Komunitas dan Sponsorship apapun selama dianggap tidak merugikan Nama Besar dan Kedaulatan MBC.

 

BAB VIII
PENDELEGASIAN

PASAL 16

(1)   MBC tidak menerima Delegasi Club atau Komunitas Lain yang tidak dikenal serta tidak dapat menunjukkan Kartu Tanda Anggota (KTA) Club atau Komunitasnya yang resmi.

(2)   Delegasi MBC yang diberangkatkan dilengkapi dengan Surat Jalan MBC yang ditanda tangani Ketua Umum MBC mengetahui Pembina MBC atau hanya Ketua Umum MBC saja.

(3)   Delegasi MBC yang Diberangkatkan diperiksa kelengkapan Adminitrasi dan Kelayakan jalan pada Kendaraannya sesuai Standar Touring oleh Divisi Penata ketertiban (TA-TIB) MBC.

(4)   Delegasi MBC dikirim sebagai Perwakilan MBC bertujuan membawa Pesan Lisan/ Surat/ Undangan MBC yang Event-nya diketahui oleh seluruh Member MBC.

(5)   Delegasi MBC yang tidak menghubungi dalam waktu Maksimal 12 Jam terahir dari Masa Berlaku Surat Jalan, segala sesuatu yang terjadi tidak menjadi tanggung jawab MBC.

 

BAB IX
IDENTIFIKASI

PASAL 17

(1)   Kartu Tanda Anggota (KTA) MBC adalah tanda pengenal Resmi yang diterbitkan oleh Organisasi MBC (Magelang Beat Club).

(2)   Kartu Tanda Anggota (KTA) MBC Di Tanda Tangani Oleh Ketua Uum MBC Pada Sudut Kanan Bawah Pada Halaman muka Serta Tanda Tangan Pemegang di sudut kiri bawah dan Tanda Tangan Pembina pada sudut kanan bawah pada Halaman belakang.

(3)   Kartu Tanda Anggota (KTA) MBC Bukan Kartu pengganti SIM atau KTP, melainkan befungsi  sebagai Tanda Pengenal Pribadi bagi yang diberikan.

(4)   Kartu Tanda Anggota (KTA) MBC wajib dibawa pada waktu Touring maupun Kopdar serta di jaga dari kerusakan dan kehilangan.

(5)   Kartu Tanda Anggota (KTA) MBC diserahkan kepada Sekretaris Apabila yang bersangkutan mengundurkan diri atau diberhentikan dari Organisasi MBC dalam keadaan apapun.

(6)   Anggota menyerahkan Kartu Tanda Anggota (KTA) MBC dalam
Bentuk apapun Apabila diadakan penggantian dengan alas an Rusak kecuali hilang.

(7)   Anggota segera melapor kepada Ketua Umum MBC apabila Kartu Tanda Anggota (KTA) MBC hilang.

ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA MBC

Peraturan AD/ART terbagi atas RULING (Ruang Lingkup) yang terdiri dari POINT-POINT  peraturan dan ketetapan MBC sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan Tekhnis internal maupun exsternal MBC.

A.RULING KOPDAR

POINT 1: kopdar Wajib MBC di selenggarakan setiap hari sabtu pada minggu pertama dan ketiga dalam setiap bulannya pada pukul 19.00WIB sampai dengan Pukul 21.00WIB.

POINT 2: Seluruh Anggota MBC Wajib Paraf sebagai tanda kehadiran dan bagi yang berhalangan Wajib memberi Tembusan Kepada KETUA HARIAN Via Pesan Elektronik (SMS/BBM) Sebagai Data Absensi Di Buku Jurnal Kopdar MBC.

POINT 3: Didalam kegiatan KOPDAR, Seluruh Anggota MBC dilarang meninggalkan Area KOPDAR tanpa seijin dari KETUA HARIAN MBC atau Anggota MBC yang mewakilkan  sampai pada waktu yang telah ditetapkan.

POINT 4: Tempat KOPDAR MBC adalah Area depan PD.Bank Jateng (BPD) Alun-Alun Kota magelang.

POINT 5: Didalam Kegiatan KOPDAR Seluruh Anggota MBC Wajib Membawa KTA MBC dan menggunakan Kelengkapan uniform Standar Touring (Hem/kaos Member, Jaket, Sepatu, Helmet Standar, Sarung Tangan) Serta Mengendarai motor Honda Beat dengan Standar kelengkapan kendaraan beserta surat-surat kendaraan (STNK, SIM).

POINT 6: Seluruh Anggota MBC dilarang Membawa Senjata Tajam, Minuman Keras dan segala Perbuatan yang Merugikan Diri sendiri dan Masyarakat Umum serta Perbuatan yang melanggar Hukum.

POINT 7: MBC tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun kepada anggota MBC yang Berurusan dengan Penegak Hukum, Masyarakat dan Keluarganya atas sebab tidak mematuhi atau Melanggar AD/ART MBC RULING KOPDAR POINT: 1, 3, 5 dan 6.

 

B. RULING ADMINITRASI

POINT 1: KAS MBC adalah Anggaran yang diperoleh dari Iuran Anggota MBC, yang difungsikan untuk Pembiayaan kebutuhan MBC, dan pada pelaksanaan tekhnis pengeluaran dari BENDAHARA  mutlak atas dasar DISPOSISI (Pernyataan persetujuan adminitrasi) dari Ketua Umum MBC, tercatat lengkap perinciannya kedalam pembukuan adminitrasi disertai Bukti Pembayaran (Kwitansi), yang menjadi bahan laporan pertanggung jawaban setiap bulannya oleh BENDAHARA pada kegiatan KOPDAR atau RAKORIN.

POINT 2: Member On MBC wajib membayar KAS MBC per bulan  sebesar Rp.5000,00,- (lima Ribu Rupiah) pada waktu Kegiatan kopdar MBC atau pada waktu lain kepada Bendahara MBC, dengan Tekhnis pembayarannya dengan cara TRANSFER ATM Atau CAS, serta sistem  KREDIT dengan syarat jumlah nominal dana angsuran yang terkumpul dalam kurun waktu satu bulan memenuhi besarnya anggaran yang ditetapkan pada setiap Member On MBC.

POINT 3: ANGGARAN KHUSUS INTERNAL MBC adalah anggaran yang diperoleh dari Iuran Anggota MBC yang Besar nominalnya sesuai kesepakatan dari Musyawarah/Voting Anggota MBC, yang digunakan Pada Event Internal Antara Lain:  Anniversary MBC, Bakti Sosial MBC dan Event Yang Sekiranya Perlu Diselenggarakan pada Moment-Momen Hari Kebesaran Agama dan Negara.

POINT 4: ANGGARAN KHUSUS EKSTERNAL MBC adalah anggaran yang diperoleh dari Pembayaran diluar Organisasi MBC, Meliputi: Dukungan sponsorship, donatur danlaba dari penjualan merchandise mbc oleh MBC serta Cukai 10% dari laba penjualan Merchandise MBC oleh Produsen luar Organisasi MBC.

 

C. RULING TRY OUT

POINT 1: Try Out diberlakukan bagi CA-ANG (Calon Anggota) MBC selama 3 (Tiga) Bulan dengan pembinaan keorganisasian meliputi keikutsertaan kopdar sesuai ketentuan, Aktif dalam kegiatan MBC  (turing, baksos, acara sponsor dll) yang di selenggarakan serta telah mematuhi dan melaksanakan Undang-undang dan AD/ ART MBC secara nyata serta tanpa cacat.

POINT 2: OSPEK adalah kegiatan terhormat meliputi ujian yang diberlakukan bagi CA-ANG (Calon Anggota) setelah dianggap sukses  melewati masa Try Out tanpa cacat atas keputusan Ketua Umum yang disetujui oleh seluruh Member-On MBC.

POINT 3: Rangkaian kegiatan ospek meliputi wawancara tentang pemahaman Undang-undang dan AD/ ART MBC, sejarah/ historikal MBC, serta kegiatan teknis lapangan yang di Putuskan oleh Ketua Umum atas Kesepakatan seluruh Member-On MBC dengan tetap menjaga kehormatan kemanusiaan serta tidak merugikan secara materi bagi Peserta OSPEK.

POINT 4: CA-ANG dianggap berhasil dan layak menjadi Anggota MBC setelah mengikuti tahapan-tahapan kegiatan ospek dengan sebaik-baiknya dari awal sampai akhir, dan selanjutnya ditetapkan menjadi Member-On MBC dengan ditandai dengan penyematan Stiker Anggota Resmi MBC oleh Ketua Umum sesuai kesepakatan seluruh Member-On MBC.

 

D. RULING INFORMASI DAN BERITA

POINT 1: Informasi dan Berita resmi MBC hanya di sampaikan oleh Humas dan Sekretaris atau Anggota MBC yang ditunjuk oleh Ketua Umum apabila Humas dan Sekretaris berhalangan.

POINT 2: Informasi dan Berita resmi MBC yang di sampaikan melalui media Elektronik (email, sms, bbm)  adalah yang berkopstuk mbc_one@ymail.com.

POINT 3: Informasi dan Berita resmi MBC berupa surat adalah yang ber-kopstuk alamat sekretariat MBC, di tanda tangani Ketua Umum dan ber-stempel MBC.

POINT 4: Informasi dan Berita resmi MBC di sampaikan secara lisan oleh Humas dan Sekretaris atau anggota MBC yang ditunjuk oleh Ketua Umum bila Humas dan Sekretaris berhalangan.

POINT 5: Segala Informasi dan Berita dari luar / dalam Club yang diterima Anggota MBC yang berkaitan dengan keorganisasian Club Motor atau sesuatu yang sekiranya penting wajib di sampaikan kepada Ketua Umum.

Iklan

2 comments on “UNDANG-UNDANG AD/ART MBC

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s